3 Lokasi Jalan-Jalan ke Pekalongan yang Paling Berkesan

Pekalongan dibedakan menjadi dua bentuk pemerintahan yaitu kota dan kabupaten. Pekalongan merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah, yang terkenal akan batiknya. Sehingga, tak heran sering disebut sebagai kota batik. Saat kami jalan-jalan ke Pekalongan, nampak banyak pengrajin tenun batik. Pada tahun 2014 kota ini juga telah diberi penghargaan oleh UNESCO sebagai salah satu kota paling kreatif di dunia.

Banyak butik-butik yang menjual beragam batik disana. Selain melihat-lihat dan membeli batik, kami sekeluarga juga ingin menikmati objek wisata di Pekalongan. Kami berangkat dari Batang sekitar jam sore habis asar dan perjalanan ke Pekalongan hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih sedikit. Perjalanan kami sangat nyaman menggunakan bus yang kami pesan melalui HTTPS://WWW.REDBUS.ID. Karena bisa memilih tempat duduk dan harganya pun terjangkau.

Setelah tiba di Pekalongan, kami langsung memburu batik. Setelah itu, mampir ke hotel dan paginya kami ke beberapa tempat wisata di Pekalongan diantaranya ke :

Museum Batik

Jalan-jalan ke Pekalongan takkan lengkap bila tidak mampir ke Museum Batik Pekalongan. Museum ini didirikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006. Museum ini memiliki koleksi sekitar batik Pekalongan 1149. Bukan hanya batik yang dipamerkan tapi juga berbagai hal yang berkaitan dengan batik. Termasuk alat untuk membuatnya.

Ruang pertama untuk memamerkan beberapa desain batik dari daerah pesisir Jawa seperti batik Cirebon, Pekalongan, Rembang, dan juga Batang kota kami sendiri. Ruang kedua digunakan untuk memamerkan hasil sumbangan batik dari tokoh penting. Pameran Ruangan ketiga memamerkan koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia seperti Banten, Jawa, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, dan Papua.

Curug Bajing

Setelah puas dengan koleksi batik, selanjutnya kami melengkapi tujuan jalan-jalan ke Pekalongan dengan beralihlah ke tempat wisata alam. Datang ke Curug atau Air Terjun Bajing adalah tujuan berikutnya. Namanya memang cukup nyeleh tapi suasananya di sana membuat kami merasa nyaman dan segar.

Pantai pasir emas

Tak jauh dari pusat kota Pekalongan kami menemukan pantai yang indah bernama Pantai Pasir Kencana. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 4,5 km dari Pusat Kota Pekalongan. Kawasan pesisir menjadi tempat sejuk untuk menikmati laut di kota Pekalongan, terutama pada siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *