5 Tips Memilih Pemberi Pinjaman Uang Cepat Tanpa Jaminan Apapun

Memilih pemberi pinjaman uang cepat tanpa jaminan apapun memang perlu berhati-hati. Jangan hanya karena kebutuhan yang benar-benar mendesak, lantas langsung mengambilnya. Sebaiknya, Anda wajib tahu syarat lain yang menyertainya, track record lembaga pemberi pinjaman tersebut, dan lainnya. Jika Anda masih bingung, terapkan saja 5 tips berikut.

1. Melakukan Survei dan Seleksi

Apakah Anda sudah menentukan lembaga keuangan mana yang akan dipilih? Jika belum, sebaiknya tentukan dulu beberapa pilihan. Ibaratnya, jika ada 10 besar lembaga pemberi pinjaman terbaik, Anda pilih peringkat 3 besarnya.

Selanjutnya, Anda seleksi kembali lembaga mana yang memiliki track record baik dan paling dominan memberi kepuasan pada pelanggannya. Anda bisa mencari tahu hal ini di internet maupun pengalaman rekan yang telah mencoba mengajukan pinjaman jenis ini.

Kemudian, Anda juga bisa melihat aman dan terpercaya tidaknya lembaga ini dari daftar lembaga keuangan yang diawasi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setiap lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK sudah bisa dipastikan kredibilitasnya.

2. Memastikan Terpenuhinya Semua Syarat

Sesuai nama pinjamannya yang memang cepat dan tanpa membebani peminjam dengan jaminan apapun, maka pinjaman tentu bisa Anda andalkan. Anda tentu tidak perlu menyiapkan sertifikat rumah atau BPKB kendaraan operasional Anda untuk bisa mendapatkan jenis pinjaman ini.

Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menyiapkan syarat mudah berupa identitas dan slip gaji. Kalaupun Anda hanya berpenghasilan serabutan, asalkan Anda rajin menabung dan membuat Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dan kelurahan, Anda bisa mengajukan pinjaman ini.

3. Tidak Ada Syarat Lain di Belakang

Seperti dua tips sebelumnya, Anda perlu memastikan track record serta persyaratan yang memang tidak membebani Anda dengan jaminan apapun. Dengan mengetahui rekam jejak lembaga ini, Anda pun tahu jika tidak ada nasabah sebagai peminjam yang ditipu.

Khususnya, penipuan berupa syarat atau jaminan yang harus diserahkan di akhir akibat terjadi kredit macet atau penunggakan angsuran. Biasanya, untuk mengantisipasi terjadinya penunggakan seperti ini, lembaga pemberi pinjaman sudah menyantumkan biaya denda keterlambatan dalam berkas pengajuan yang Anda setujui.

4. Nominal Pinjaman Bervariasi

Tips keempat ini berhubungan dengan kemampuan untuk melunasi pinjaman yang diajukan. Sebaiknya, pilih lembaga pemberi pinjaman yang menawarkan pinjaman terendah sampai plafon-nya yang bisa Anda jangkau. Semakin banyak variasi nominal pinjaman yang mereka tawarkan, maka makin mudah Anda membuat kalkulasi cicilan dan tenor yang ingin diambil.

Kemudian, Anda juga perlu memperhitungkan kemungkinan terjadinya penunggakan dan besaran denda yang harus dibayar. Jadi, pastikan jika angsuran yang Anda pilih tidak bentrok dengan kebutuhan mendesak lain, seperti biaya masuk sekolah anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Contohnya, dari SD ke SMP, SMP ke SMA, dan SMA ke perguruan tinggi.

5. Memastikan Tingkat Kebutuhan

Apakah benar-benar butuh pinjaman uang cepat tersebut? Pertanyaan ini bisa Anda jadikan tips pertama. Terutama, jika Anda masih ragu dengan tingkat kebutuhan Anda terhadap pinjaman ini. Biaya untuk pengobatan karena sakit atau rawat inap karena kecelakaan, serta pendidikan, atau renovasi rumah orang tua yang sudah tidak layak huni?

Jika semuanya benar, maka Anda memang benar-benar sedang membutuhkan pinjaman ini. Tapi, jika untuk membeli hp baru dan peralatan elektronik yang sebenarnya sudah ada, maka Anda tidak benar-benar sedang butuh pinjaman. Sebaiknya, hindari mengajukan pinjaman cepat hanya untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat komsumtif seperti ini.

Lembaga pemberi pinjaman uang cepat tanpa jaminan apapun memang sudah seharusnya menawarkan banyak kemudahan pada Anda sebagai peminjam. Dengan begitu, Anda pun bisa meminjam dan membayarnya dengan tenang. Salah satu pinjaman ini adalah Tunaiku, pinjaman cepat tanpa jaminan, layanan produk dari bank terpercaya, yaitu Amar Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *