Apa yang Dimaksud dengan Diskon harbolnas? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Berbelanja online kini bukan sesuatu yang baru mengingat banyaknya toko online yang ada di Indonesia dan perkembangannya semakin pesat dari tahun ke tahun. Di akhir tahun, online shop kerap memberikan diskon besar-besaran dan salah satunya adalah diskon harbolnas  atau hari belanja online nasional. Di hari yang terinspirasi dari Black Friday ataupun cyber Monday ini akan ada banyak promo dari online shop yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen yang suka berbelanja online.

Hari belanja online nasional ini sebenarnya merupakan perayaan yang bertujuan untuk mendorong atau untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan berbelanja daring. Hari yang disebut dengan Cyber Monday di Jepang ini pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2012 tepatnya pada tanggal 12 Desember 2012 dan hanya diikuti oleh 7 toko online yang ada di Indonesia. Hari dimana diskon besar-besaran ini diberikan menjadi kampanye cyber sale yang terbesar yang ada di Indonesia. Di tahun kedua, cyber Monday ini diikuti oleh 22 e-commerce dan 78 e-commerce di tahun 2014. Jumlah online shop yang ikut berperan serta dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Hari yang terinspirasi akan adanya Black Friday dan Cyber Monday di negara besar seperti di Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Inggris dan Jepang ini menurut Rizki Suluh Adi yang merupakan salah satu orang yang ikut menggagas gerakan ini mengemukakan jika hari belanja online nasional ini sebetulnya tidak sengaja. Ia mengemukakan jika di akhir November 2012, saat hujan lebat dan sambil menunggu hujan di salah satu tempat ngopi, ia dan penggagas yang lainnya ketemu tidak sengaja dan dari hasil berdiskusi di tempat ngopi tersebut akhirnya sepakat untuk membuat event di 121212.

Dari hasil diskusi tersebut akhirnya beberapa e-commerce bergabung dan mendapatkan beberapa sponsor besar. Panitia yang tergabung untuk mengadakan acara tersebut merupakan teman-teman relawan atau volunteer promo bono. Perayaan #1212Sale, tema diskon harbolnas di tahun 2012 kala itu, melibatkan seluruh lini industri digital yang ada di Indonesia mulai dari e-commerce namun juga digital media, adtech, chat app, social network service, payment gateway, operator telekomunikasi, bank, penyedia layanan logistik serta dari berbagai macam bran yang memberikan dukungan berupa potongan harga atau diskon.

Hari belanja online nasional yang awalnya bertujuan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang kemudahan untuk bisa belanja online dengan aman dan nyaman ini semakin tahun semakin berkembang dan menjadi saat yang paling ditunggu oleh konsumen. Event yang memiliki pengaruh yang besar tidak hanya konsumen namun juga e-commerce yang ada di Indonesia ini mampu meningkatkan penjualan dan transaksi yang bisa mencapai trilyun. Di tahun 2016 sendiri yang diadakan selama 3 hari, transaksi yang terkumpul bisa mencapai Rp 3,3 trilyun.

Di tahun 2017, diskon harbolnas akan diselenggarakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 12 Desember 2017. Tahun ini hari belanja online nasional diikuti oleh lebih dari 200 e-commerce yang ada di Indonesia. Panitia di tahun 2017 juga menyediakan layanan tambahan untuk membuat agar konsumen atau pembeli menjadi lebih nyaman dan aman saat berbelanja online yaitu dengan adanya support center. Di tahun 2017 panitia juga mengadakan road show yang bertujuan untuk mengajak para pelaku UMKM yang ada di Indonesia agar menggunakan penjualan dengan sistem online untuk membantu memaksimalkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *